Perkenalan dengan PHP

Eith…. Buat yang suka grup musik semacam girl band khususnya di Indonesia jangan salah arti atau salah menafsirkan php yang saya maksud ini. Karena pernah pada suatu waktu, saya search di google eh ada definisi  PHP yang aneh menurut saya. Di situ PHP merupakan singkatan dari judul lagu “Pemberi Harapan Palsu”. Tidak tau juga sih itu lagunya siapa.

Nah kembali pada topik, php yang saya maksud adalah php yang merupakan salah satu bahasa pemrograman web. Berikut yang bisa saya jelaskan :

PHP (Hypertext Preprocessor) merupakan bahasa script server-side dalam pengembangan web yang disisipkan dalam dokumen HTML. Penggunaan PHP memungkinkan web dapat dinamis sehingga maintenance situs web tersebut menjadi lebih mudah dan efisien. PHP merupakan software Open-source yang disebarkan dan dilisensikan secara gratis serta dapat di download secara bebas dari situs resminya http://www.php.net.

Perangkat yang kita butuhkan apa?
Untuk mempelajari pemrograman php kita membutuhkan beberapa perangkat lunak (software) berupa : web server, program aplikasi php, database server dan program aplikasi database yang keempatnya sudah dibundle atau dipaket jadi satu, misalnya XAMPP, WAMPP, Apache2Triad, PHPTriad dan lain-lain. Nah selain itu tentunya kita butuh text editor untuk kita gunakan coding (istilah untuk menulis code/script) seperti notepad, notepad++, dreamweaver, netbeans dan lain-lain.
Lalu bagaimana bentuk dasar penulisannya?

Okey….

Untuk menuliskan script php bisa diawali dengan tanda “<?” atau “<?php” dan ditutup dengan tanda “?>”. Misalnya kita akan mencetak sebuah teks, maka penulisannya seperti contoh di bawah ini :



Tapi ingat, setiap kita menulis code php harus di file dengan ekstensi php dan dibuka di web server.
Sekian perkenalan kita dengan php. Semoga bermanfaat.

Baca tutorial selanjutnyaMembuat Desain Web Simple Dan Menu Dropdown Keren
Perkenalan dengan PHP
Item Reviewed: Perkenalan dengan PHP 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Hehe iya.
Pemberi Harapan Palsu :ngakak

bang mau tanya itu text editor yang dipake apa ya? seperti digambar itu.

knp ya di aku gaada warnanya gitu tulisannya :bingung

bunga fathona : Ekstensi file-nya sudah .php? Pake text editor apa?

Mas link selanjutnya tidak bekerja

Rumah Sehat : Sudah kami perbaiki, terimakasih

ok Mas saya akan belajar molai dari sini,,, setelah lihat youtube masnya saya lihat di webnya ternyata komplit dan saya cari yang dari awal ternyata dimolai dari halaman ini.

ownhomedecor : Mantab. Cek saja urutannya di Daftar Isi. Selamat belajar :)

Baru Masuk 2022 Apakah saya bisa? saya buta sekali coding

Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan bahasa yang relevan dan sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Info

Agar tidak ketinggalan update menarik :

Follow instagram @yukcoding
Subscribe youtube YukCoding Media

Happy coding :)
Just load it!